AHMAD SIDIK

AHMAD SIDIK
DAKWAH NET SIDDIQ

Minggu, 24 April 2011

cerebral palsy


DEFINISI
Disebut juga kelumpuhan otak besar, merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan buruknya pengendalian otot, kekakuan, kelumpuhan, dan gangguan fungsi saraf lainnya. Cerebral palsy bukanlah suatu penyakit dan tidak bersifat progresif (semakin memburuk).


PENYEBAB
Penyebab pasti cerebral palsy belum diketahui secara pasti. Meski demikian, cerebral palsy bisa disebabkan oleh cedera otak yang terjadi saat :
- Bayi masih berada dalam kandungan
- Proses persalinan
- Bayi baru lahir
- Anak berumur kurang dari lima tahun
- Kadar bilirubin yang tinggi dalam darah.
- Penyakit berat pada bayi baru lahir
- Cedera pada pembuluh darah otak


GEJALA
Gejala muncul sebelum anak berusia dua tahun. Pada kasus yang berat, bisa muncul ketika anak berusia beberapa bulan. Gejala berupa kekakuan tubuh, perubahan bentuk lengan dan tungkai. Gejala lain berupa kecerdasan di bawah normal, keterbelakangan mental, kejang, gangguan menghisap atau makan, pernafasan tidak teratur, gangguan bicara, gangguan penglihatan, gangguan persendian.


PENANGANAN
Cerebral palsy tidak dapat disembuhkan dan merupakan kelainan yang berlangsung seumur hidup. Tapi banyak hal yang bisa dilakukan agar orang yang menderita cerebral palsy dapat hidup wajar dan layaknya orang normal, misalnya terapi fisik, kaca mata, pemberian alat bantu dengar, obat antikejang, obat pengendur otot, bedah ortopedik, terapi bicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar