AHMAD SIDIK

AHMAD SIDIK
DAKWAH NET SIDDIQ

Jumat, 18 Maret 2011

AS-SUNNAH



1.      Pengertian sunnah
Sunnah adalah sesuatu yang bersumber dari nabi, baik itu perkataan,perbuatan atau ketetapan dari nabi Muhammad.seluruh sahabat sepakat untuk wajib mengikuti  sunnah , baik pada masa rasul hidup maupun setelah beliau wafat.sebagaimana dalam firman Allah:

  apa yang diberikan Rasul kepadamu, Maka terimalah. dan apa yang dilarangnya bagimu, Maka tinggalkanlah.
Umat islam sepakat bahwa hadis atau sunnah merupakan sumber ajaran islam kedua setelah Al-quran. Kesepakatan mereka didasarkan pada nash, baik yang terdapat dalam Al-quran maupun hadis. Hadis digunakan apabila tidak ditemukan ketetapan hukum dalam Al-quran.
Keberadaan hadis atau sunnah sebagai sumber ajaran islam kedua setelah Al-quran selain ketetapan Allah yang dipahami dari ayat-ayat nya secara tersirat,juga merupakan ijmaseperti terlihat dalam perilaku para sahabat nabi. Sebagaimana halnya studi tentang Al-quran,kalangan ulama pun telah banyak melakukan studi tentang  hadis  atau  As-sunnah, baik dari segi kandungan, kualitas, tingkatan, latar belakang, sejarah dan sosial mengenai timbulnya ilmu-ilmu maupun yang berkaitan dengan cara-cara untuk memahami, meneliti, dan sebagai nya. Diantara para ulama yang meneliti hadis terdebut adalah imam Bukhari dan Imam Muslim.
Sebagai sumber ajaran islam kedua setelah Al-quran, As-sunnah mempunyai fungsi yang sejalan dengan quran. Keberadaan As-sunnah tidak dapat dilepaskan dari adanya sebagian ayat Al-quran yang bersifat:
1.      Global yang memerlukan perincian .
2.      Umum (menyeluruh) yang menghendaki pengecualian.
3.      Mutlak (tanpa batas) yang menghendaki pembatasan.
Dalam hal ini , sunnah berfungsi merinci petunjuk dan isyarat Al-quran yang bersifat global, pengecuali terhadap isyarat Al-quran yang bersifat umum, pembatas terhadap ayat Al-quran yang bersifat mutlak, dan pemberi informasi terhadap sesuatu kasus yamh tidak dijumpai di dalam Al-quran. Dengan posisi demikan, pemahaman ajaran islam yang seutuhnya tidak dapat dilakukan tanpa mengikutsertakan As-sunnah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar